Rabu, 30 Januari 2019

4 Tips Memilih Mesin Jahit Rumah Khusus Pemula


Mesin jahit rumah – Banyak orang yang ingin belajar menjahit di rumah mulai dari yang terkecil seperti memperbaiki baju yang berlubang, memperbaiki baju yang jahitannya terlepas, atau sekadar membuat kerajinan tangan unik dengan menggunakan mesin jahit. Bagi pemula yang belajar jahit di rumah ini harus memilih mesin jahit yang tepat, jangan sampai keinginan belajar menjahit harus padam dikarenakan kesulitan dalam mengoperasikan mesin jahit tersebut. Selain itu mesin jahit yang dikhususkan untuk pemula ini berbeda dengan penjahit rumahan yang sudah profesional. Oleh sebab itu diperlukan beberapa tips dalam membeli mesin jahit rumah untuk pemula yang patut Anda perhatikan seperti berikut ini:

Simpel

Tips memilih pertama yang bisa dipertimbangkan adalah simpel. Mesin jahit dengan fitur yang terlalu banyak akan menyulitkan pemula dalam mengoperasikannya. Sebelum mulai menjahit perhatikan fitur apa saja yang ingin dimiliki dari sebuah menjahit atau minimal sebelum membeli mesin jahit tetapkan tujuan apa saja yang ingin dicapai dengan menggunakan mesin jahit tersebut, dengan begitu Anda akan mudah menemukan mesin yang sesuai degan tujuan Anda.

Portable

Untuk pemula yang benar-benar baru belajar menjahit di rumah ada baiknya menggunakan mesin jahit yang jenisnya adalah portable. Hal itu dikarenakan mesin jenis ini akan mudah dipindahkan dan dibawa kemanapun. Tidak hanya itu saja mesin jahit portable ini jauh mudah dioperasikan dibandingkan dengan yang manual.

Onderdil Besi

Meski hanya digunakan untuk tahap pembelajaran ada baiknya jika Anda memilih mesin jahit rumah yang onderdilnya dari besi.  Untuk melihat onderdilnya Anda bisa meminta penjualnya untuk membuka mesin jahit tersebut, di sana Anda bisa mengetahui dengan jelas mana mesin yang onderdilnya sebagian besar terbuat dari plastik dan mana yang terbuat dari besi. Jika tidak bisa membongkarnya cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membandingkan beratnya. Mesin jahit yang onderdilnya sebagian besar dari besi memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan yang plastik. Mesin dengan onderdil besi jauh lebih awet dibandingkan dengan yang plastik.

Suara Mesin

Tips memilih mesin jahit khusus rumahan yang terakhir adalah pilihlah yang suaranya halus. Dari suara tersebut bisa diketahui bagaimana kondisi mesin di dalamnya. Mesin jahit yang saat digunakan suaranya halus mesinnya pasti juga halus, sedangkan yang berisik kualitas mesinnya belum dijamin bagus. Selain itu mesin dengan suara halus tidak akan mengganggu konsentrasi bagi Anda yang sedang belajar menjahit.

Demikianlah tips memilih mesin jahit rumah yang cocok untuk pemula, semoga informasi ini bermanfaat.