Sabtu, 29 Desember 2018

Tips Sederhana Mengatasi Balita Susah Makan

mengatasi balita susah makan
Dalam sekali makan seberapa banyak anak anda menyuap makanan, jika anak anda makan hanya sedikit anda tak perlu khawatir . Karena anak-anak pada umumnya akan melebihkan makannya pada waktu makan selanjutnya, atau dengan makan makan cemilan. Karena mengatasi balita susah makan tentu saja memerlukan tips dan pengalaman dalam mengurus anak.


Si kecil sering kali memilih-milih makanan dan membuat orang tua frustasi. Tentu saja hal ini mungkin disebabkan karena bosa dengan rasa makanan yang itu-itu terus. Hingga akhirnya si kecil pun mau makan menjadi susah. Sekitar 20% balita mengalami masalah makan yang disebut sebagai picku eaters. Lantas apa saja yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi si kecil yang susah makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Saat sedang dalam masa perkembangan balita untuk mengeksplorasi lingkungan. Tentu banyak hal menarik di sekitarnya, sering bermain lebih menarik baginya ketimbang makan. Tapi, mungkin Anda bisa sedikit mencuri perhatiannya agar ia menoleh ke makanannya. Berikut tip untuk balita penolak makan:

Jadi contoh yang baik
Banyak dari para ibu agar makan diwaktu terpisah dengan anak balitanya, Karena memang wajar saja menyuapi anak pasti sudah kewalahan. Tapi coba usahakan Makanlah bersama balita Anda, karena siapa tahu anak anda bungkam karena melihat Anda tidak pernah menyuap makanan, dan anak anda mungkin juga akan meniru anda yang sedang diet tidak ingin makan.

Menghias Makanan
Pastikan bentuk penyajian makanan yang Anda berikan terlihat menarik menurut sang balita. Bisa saja bentuknya membuat ia ingin melahapnya.

Ajak Membuat Makanan
Ajak ia saat proses pembuatan makanan atau menyiapkan makanan dan biarkan dia membantu Anda sebisanya. Misalnya mengambil minumnya sendiri.

Makanan Sesuai Umur
Berikan makanan sesuai umurnya. Mungkin Anda lupa, anak Anda bukanlah seorang bayi lagi tetapi balita, tapi masih memberinya bubur.

Porsi Sedikit
Sediakan makanan dalam jumlah sedikit agar Anda tidak frustrasi apabila sang anak tak mau menghabiskannya.

Alternatif Makanan Lain
Berikan pilihan makanan lain sebagai pengganti makanan utama yang tidak ia sukai. Misalnya ia tak mau nasi, maka berikan mie atau roti. Bila ia hanya mau makan lauknya saja, sebaiknya sediakan di tempat yang mudah dijangkau, agar sang buah hati bisa mudah mengambilnya sewaktu-waktu ia ingin makan.

Minta Pertolongan, jika memang Anda memerlukannya
Apabila Anda sudah tidak kuat menghadapi anak yang susah makan, atau si kecil semakin membandel saat disuruh makan. Mintalah bantuan saudara atau suami yang bisa membuat si buah menurut.

Biarkan Dia Makan Sendiri
Anak seringkali melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang disuruh. Karena itu, cobalah menggunakan cara yaitu dengan melarangnya makan tapi dengan nada yang bercanda ya bunda. Atau tidak menyuruhnya makan sama sekali.

Suplemen
Salah satu cara jitu untuk menjaga kesehatan tubuhnya adalah dengan cara memberikan suplemen. Pilih suplemen bentuk sirup atau permen jeli yang disukai anak-anak. Dan akan lebih lebih bagus lagi jika suplemennya mengandung temulawak yang bisa menambah nafsu makannya sehingga dia menjadi lahap

Tak Usah Membandingkan
Seperti yang kita bahas diawal tadi jangan merasa sedih apabila melihat anak lain makan dengan lahap. Atau jika ada orang yang berkomentar kenapa anak Anda kurus. Dan Jangan sampai anak merasa dia memiliki masalah nafsu makan hanya karena cibiran orang tersebut.

Demikianlah bunda tips bagaimana mengatasi balita yang susah makan, semoga bermanfaat terima kasih. ,