Senin, 26 Februari 2018

Review Singkat Xiaomi Mi A2

Meski bukan perangkat flagship, keberadaan Xiaomi Mi A2 lumayan membetot perhatian publik ketika diluncurkan untuk pertama kalinya di Madrid, Spanyol, pada Juli silam. Device ini pun telah mendarat di sejumlah wilayah pasar, mesikipun ketika review ini ditulis Mi A2 belum juga beranjak resmi dihadirkan di Tanah Air.


Beruntung, reviewer telah memperoleh unitnya, jadi pada peluang hari ini kita bisa share tak sedikit faktor terkait dengan device bergenre Android One ini. So, bagi yang telah penasaran dengan Xiaomi Mi A2, simak saja uraian berikut ini.

Sekilas Tentang Mi A2
Mi A2 sendiri menurut kita tetap hadir dengan tampilan yang menunjukkan jati dia sebagai produk dari Xiaomi. Tampilan ini terbukti terkesan serupa dengan berbagai produk Xiaomi lain, semacam Redmi S2. Tetapi, dengan tampilan “arc”, device ini hadir dengan bodi yang lebih ramping, khususnya di tahap samping. Dimensi device ini dengan cara keseluruhan merupakan 158.7 x 75.4 x 7.3 mm.

Device ini mengusung layar IPS 5.99? dengan rasio 18:9, memperkenalkan resolusi 2160 x 1080 piksel, dan dilindungi dengan Gorilla Glass 5. Terbukti, device ini tak hadir dengan notch, jadi bezel atas layar tetap terkesan tebal. Tetapi, rasio layar 18:9 tetap membikinnya terkesan lumayan modern.

Xiaomi menyertakan port USB Type C untuk device ini, dan diletakkan di segi bawah perangkat. Di segi kanan, tersedia tiga tombol, yaitu tombol power dan volume up/down. Di segi kiri, tersedia tray untuk SIM Card. Ya, device ini hanya mendukung pemakaian dua Nano SIM saja, tanpa dukungan untuk Micro SD. Sementara di segi atas, tersedia sensor IR untuk fitur remote.

Sebagai suatu  Android One, device ini pasti tak dilengkapi dengan MIUI, UI harapan Xiaomi, tetapi memakai versi “pure” dari Android 8.1.0. Device ini dilengkapi dengan baterai 3000 mAh. Xiaomi memperkenalkan device ini dalam 3 alternatif warna, yaitu hitam, emas, dan biru muda.

Bicara soal dapur pacu, Xiaomi memperkenalkan Snapdragon 660, SoC kelas menengah-atas yang bisa memperkenalkan kemampuan ala kelas atas, untuk device Mi A2 ini. Pemakaian SoC dengan CPU Kryo 260 dan GPU Adreno 512 ini bakal membikin Mi A2 memperkenalkan kemampuan yang lumayan jauh di atas pendahulunya, Mi A1, yang sewajibnya pun tetap tetap terasa mumpuni untuk saat ini. Untuk RAM dan storage internal, Xiaomi memperkenalkan alternatif 4 GB/32 GB, 4 GB/64 GB, dan 6 GB/128 GB. ,